Tuesday, September 16, 2008

Kuliah Tarawih 13 Ramadhan

Berikut catatan Kuliah Tarawih,
13 Sept 2008 M, 13 Ramadhan 1429 H
di Mesjid Agung AlAzhar

Penceramah: Syamsir Kamaluddin, Pembina Takmir Al Azhar.

Atas rahmat Allah SWT kita telah mencapai 13 hari. Salah satu keutamaan Ramadhan adalah turunnya Al Quran selama 23 tahun secara bertahap. Al Quran diturunkan, dinuzulkan pada Rasullulah, Nabi Muhammad SAW untuk umatnya yang jahiliyah. Menyembah banyak tuhan, mengubur anak perempuan, ternyata dalam waktu singkat 23 tahun dapat membentuk masyarakat marhamah.

Masyarakat marhamah dibentuk melalui bimbingan wahyu Alquran, panduan melalui bimbingan Alquran. Tanpa tangan besi, iming2 hadiah, kekuasaan, dan bujuk rayu.

Kini jahiliyah di abad modern. aborsi, pembunuhan dimana-mana. Moral generasi muda yang rusak, kehidupan bebas, prostitusi, dan narkoba. Berbagai cara dicoba, berbagai metoda di coba, tidak berhasil. Kini kita sudah merdeka 63 tahun, apa yg kita lihat, kerusakan segala sendi masyarakat.



Kandungan utama Al Quran, adalah Allah mengenalkan dirinya kepada manusia, Allah memberikan pedoman agar manusia bahagia di dunia dan di akhirat.

Bila kita baca Al Quranul Karim dari awal hingga akhir, kita dapati semua solusi mengenai problema manusia dan masyarakat. Allah memberikan aturan, petunjuk, handbook yang pas untuk manusia. Aturan dan petunjuk itu tercantum di dalam Alquran.

Al Baqarah 185, " (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil). Karena itu, barangsiapa diantara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberkan kepadamu, supaya kamu bersyukur".



Kewajiban kita yang pertama, mengimami Al Quran, berarti meletakan Al Quran di depan dan kita yang mengikuti. Bila Al Quran bilang haram kita ikuti itu haram.

Kewajiban kita kedua adalah belajar dan mempelajari Al Quran.

Kewajiban kita ketiga adalah mengamalkan Al Quranul Karim.


Kita mendapat kesempatan membaca, mempelajari dan membaca tafsir Al Quranul Karim. Di bulan Ramadhan ini, sediakan waktu untuk membaca, mempelajari, memahami tujuan Al Quran.

Al Quran sudah 1400 tahun dinuzulkan dan disimpan didalam hati Rasulullah. Bila kita mengamalkan membaca, mempelajari dan memahami Al Quran, kalbu akan berbicara dan menuntun ini dzalim, ini maksiat, ini haram.

Kalau kita mampu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya sehingga kita mencapai tingkat muttaqin, kita akan bersyukur atas karunia dan rahmatnya.

No comments: