Thursday, May 22, 2008

Mainframe pada Google Docs

Aplikasi perkantoran yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Office. Aplikasi Word, Excel, Power Point adalah aplikasi favorit perkantoran di Indonesia. Bagi yang melek opensource bisa menggunakan Openoffice dan rekannya Staroffice.

Aplikasi komputasi ini semakin mudah digunakan oleh sumber daya manusia di perkotaan terutama Akademisi Universitas di Ibukota Provinsi dan pendidik di Ibukota Kota (Kotamadya dahulu, pen) Murid SMP, SMA, Perguruan Tinggi semakin banyak mengenal aplikasi ini.

Era 70-an berkembang komputer mainframe. Komputer ini banyak digunakan pada sistem akuntansi dan register industri manufaktur. Mainframe IBM dan Siemens adalah nama komputer yang mendukung komputasi di Industri Perbankan dan Industri Manufaktur.
Mainframe merupakan jaringan dumb komputer yang terhubung dengan sebuah mainframe. Dumb komputer adalah komputer yang kemampuannya memberikan input dan menerima output sederhana di monitor. Kalkulasi dilakukan oleh prosesor di mainframe lalu diberikan pada monitor yang membutuhkan.

Sistem pengguna (user) dibedakan berdasarkan hirarki piramida
  • Sistem Analis, pengguna mainframe yang bertanggung-jawab pada suatu aplikasi atau beberapa aplikasi. Analis ini memonitor data-data yang terkumpul lalu menganalisa data-data dan diolah menggunakan grafik atau spreadsheet untuk laporan perminggu, bulanan, triwulan, semester atau pertahun.
  • Sistem proggrammer, pengguna mainframe yang bertanggung jawab beroperasinya aplikasi dan jaringan sehingga pengumpulan data tidak terhambat oleh human error dan gangguan alam. Pengaturan pengguna dan batasan-batasan pengguna diregulasikan sistem programmer berkonsultasi dengan sistem analis.
  • Programmer, pengguna mainframe yang membuat struktur instruksi untuk membuat suatu rekapitulasi data atau kalkulasi terhadap data dan membuat suatu struktur laporan yang dibutuhkan sistem analis dan otoritas yang membutuhkan informasi khusus.
  • Sistem operator, pengguna mainframe yang bertanggung-jawab beroperasinya aplikasi dan backup.
  • Operator, pelaksana mainframe yang tidak mengakses data dan melaksanakan beroperasinya aplikasi, back up, dan mencetak laporan.


Mainframe masih banyak digunakan di dunia, Industri perbankan dan Industri Manufaktur menempatkan mainframenya di pusat kapital, Ibukota. Ibukota dunia New York, London, dan Singapura mempunyai jaringan mainframe yang sudah stabil dan berlangsung lama.

Bagaimana dengan Indonesia ?
Industri Perbankan menempatkan mainframenya di pusat kapital, Ibukota Jakarta. Sementara Industri Manufaktur, Pertambangan, dan Jasa ada yang menempatkan mainframenya di Jakarta, ada pula yang menempatkan di luar Jakarta.

Perkembangan teknologi terbaru adalah sistem server yang menciptakan komputer yang mempunyai kemampuan sistem komputasi dan server jaringan yang terpisah dengan harga lebih murah dan kemampuan yang setara dengan mainframe. Server mempunyai kemampuan mengolah data dengan memory lebih besar dibandingkan yang mainframe yang sudah mumpuni 'establish' dengan paket data teks. File gambar,
suara dan video yang mempunyai memori lebih besar dapat dikelola oleh server.Server yang diklonning dan diparalel lebih cepat lagi mengelola data videostreaming dari beberapa user dengan waktu bersamaan.

Mainframe identik dengan tampilan monitor hitam dengan tulisan hijau, seperti Film Matrix, hirarki piramida, kekukuhan struktur, jaringan yang luas, data teks, pengguna operasional berupa dumb teminal. Data teks, komputasi terpusat, memori terbatas identik dengan mainframe.
Server lebih moderat perkembangannya, kalkulasi cepat, perhitungan peer to peer, dapat melakukan kalkulasi data teks, grafik, suara, video, jaringan terdistribusi luas.

Perkembangan yang perlu mendapatkan perhatian adalah dumb terminal. Jumlah dumb terminal menyusut, bertambah pengguna Personal Komputer (PC) dengan kemampuan komputasi sendiri bila dilengkapi printer dapat mencetak mandiri. Bila Personal Komputer dihubungkan dengan jaringan akan membentuk jaringan
peer to peer yang mandiri berpikir dan dapat berinteraksi data, informasi dan komunikasi.

Pemilik Personal Komputer (PC), Laptop, PDA, HP, Peralatan komunikasi mutakhir semakin banyak dimiliki masyarakat. Jaringan Internet telah berkembang yang awalnya terbatas untuk akademisi universitas. Internet melalui kabel dan wireless merupakan jaringan yang semakin menyebar diperkotaan. Jaringan internet backbone serat optik (FO) dengan bandwith yang lebar mempercepat jalannya informasi data teks, gambar, suara dan video.

Kemudahan fasilitas mainframe ada di Google Docs. Aplikasi sederhana browser, jaringan internet, dan kalkulasi terpusat dilakukan di Server Googgle. Pengguna seluruh dunia dapat mengakses dan menggunakan aplikasi di Google Docs.


Paman Google, search engine yang kencang menyediakan struktur sistem analis, sistem proggrammer, sistem operator bahkan sistem arsitektur sebagai komputer kompak yang mengoperasikan komputer (perpaduan mainframe dan server) pada jaringan internet.

Pengguna Google Docs dapat menggunakan aplikasi seperti Word, Excel, Powerpoint. Aplikasi tersebut antara lain Document, Spreadseet dan Presentation. Aplikasi ini bisa disetting terbatas penggunanya, disharing, dikerjakan bersama-sama, pengguna yang banyak bahkan diskusi tersedia. Pengguna seperti seorang system programmer aplikasi. Tidak perlu melakukan attachment email Word, Excel, Power Point pada banyak pengguna, cukup menampilkan file-file tersebut di Google Docs (Publish), pengguna mengakses aplikasi ini menggunakan browser internet.

lihat

Google Docs Tour

http://www.google.com/google-d-s/tour5.html

Google Docs demikian transparan, mainframe demikian rahasia.

Google Docs didominasi warna putih, mainframe didominasi warna hitam.

Muslim melambangkan ilmu dengan cahaya di atas cahaya, Eropa melambangkan ilmu dengan Burung Hantu (Owl).

No comments: