Tuesday, November 05, 2013

Helikopter Kencang Propeller Ganda Tanpa Hambatan Tail Boom

بسم الله الرحمن الرحيم

  
Helikopter merupakan alat transportasi yang menakjubkan, kemampuannya hovering, tetap diam statis dalam pergerakan dinamis menjadi kelebihannya. Selain itu menjadi alat transportasi jarak dekat-menengah, pengangkutan barang, evakuasi medis, dan ambulan udara. Kini telah ada helikopter eksperimental Eurocopter X3 dengan kecepatan tinggi melebihi kecepatan suara, 255 Knot udara (472 km/jam).

Model Eurocopter X3 merupakan perpaduan  model helikopter pendahulunya Fairey Rotodyne dan kehandalan Eurocopter EC 155. Fairey Rotodyne pada tahun 1959 telah mempunyai kecepatan 175 knot udara (324 km/jam). Didukung dengan kehandalan dan kesuksesan pemasaran Eurocopter EC 155 dari keluarga AS365 N3 Dauphin (Dolphin).

3 helikopter kencang dibawah tidak memiliki tail boom sebagai stabilizer menjaga dari puntiran mesin rotor utama helikopter. Tail boom menjadi salah satu bagian dari penghambatan udara. Sayap belakang dibuntut helikopter dirancang membantu kestabilan dan aerodinamis kecepatan helikopter.

Kembali ke sejarah perkembangan Fairey Rotodyne:

Fairey Ultra Light


http://en.wikipedia.org/wiki/Fairey_Ultra-light_Helicopter
Rebuild dan rekondisi Ultra light low-cost helikopter dengan dua kursi  kru dari parkiran landasan.

Fairey Rotodyne




Helikopter ukuran besar dengan perangkat AEI Analog, komputer analog dengan 2 mesin penggerak utama, twin engines.

Eurocopter X3




http://en.wikipedia.org/wiki/Eurocopter_X3
Helikopter dengan teknologi padat modal, perangkat sensor terbaru, terkomputerisasi canggih, 2 mesin penggerak utama, twin engines.

Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B.

No comments: