Sunday, November 03, 2013

Nilai Nyawa Seorang Manusia berdasarkan Wahyu Maha Pencipta الخالق

بسم الله الرحمن الرحيم



Pembunuhan manusia semakin marak dalam berita. Bila kita baca Pos Kota, Berita Jakarta dan Jabotabek hampir tiap hari terjadi berita pembunuhan. Berita terakhir yang sangat memprihatinkan :


REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebanyak 1.550 penerbangan dengan sebanyak 167.050 penumpang terpengaruh oleh penembakan di Bandar Udara Internasional Los Angeles (LAX) pada Jumat (1/11), kata wanita juru bicara LAX, Sabtu (2/11).

Nancy Suey Castles, Juru Bicara tersebut, memberitahu media dari semua penerbangan itu, 724 dijadwalkan tiba dengan sebanyak 67.850 penumpang sementara 826 adalah keberangkatan dengan sebanyak 99.200 penumpang. Terlebih lagi, 86 penerbangan yang dijadwalkan tiba di LAX dialihkan ke bandar udara lain. 
Paul Anthony Ciancia, pria kulit putih yang berumur 23 tahun, berjalan memasuki Terminal 3 LAX, Jumat, sekitar pukul 09.20 waktu setempat (Sabtu, pukul 23.20 WIB), mengeluarkan senapan serang, yang diduga adalah AR-15, dan mulai menembak.

Penembakan di Bandara LAX Pengaruhi Ribuan Penerbangan

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/11/03/mvo1gw-penembakan-di-bandara-lax-pengaruhi-ribuan-penerbangan ]


Demikian pula di tanah air, siswa sekolah SMU mengendarai mobil dengan emosi hingga menyebabkan puluhan siswa terluka ringan dan  menyebabkan seorang siswa kecelakaan dengan kondisi kritis, dalam perawatan intensif di rumah sakit.


Sidoarjo (beritajatim.com) - Aparat kepolisian belum menangkap penabrak puluhan siswa SMA Hang Tuah 2 Sawotratap Gedangan, Sidoarjo. Pihak kepolisian akan menangkap setelah pemeriksaan saksi-saksi selesai.

Demikian diungkapkan oleh Kapolsek Gedangan Kompol Kamran kepada beritajatim.com, Sabtu (2/11/2013). Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Baik itu dari saksi siswa yang ditabrak kala sedang asyik istirahat, guru yang sempat ditabrak maupun saksi korban.

"Laporan sudah kami tindaklanjuti dengan memeriksa saksi-saksi di lapangan. Baik itu siswa yang sempat tertabrak, maupun guru yang mengetahui kejadian itu," kata Kompol Kamran.

Diberitakan sebelumnya, Anggara yang saat itu akan mengantar makanan kepada Natasha, ditegur oleh petugas keamanan sekolah, karena melalui pintu belakang sekolah, Jumat (1/11/2013). Anggara yang menaiki Honda Jazz nopol L 177 AY, terlihat emosi dan memundurkan mobilnya untuk putar balik, hingga tak terkendali dan menabrak siswa-siswa yang sedang istirahat.

Setelahnya, Anggara melajukan mobilnya maju ke depan dengan kecepatan tinggi dan menabrak seorang dan Alif Kurnia Safitri Kelas X SMA Hang Tuah 2 Gedangan, yang kini tergolek di rumah sakit. Dari rekaman CCTV, mobil yang melarikan diri itu sempat dikejar para siswa, namun tidak terhentikan.
 [isa/but]

Penabrak Puluhan Siswa Hang Tuah Belum Ditangkap



Dalam Islam segala tindak melampaui batas yang menyebabkan seorang manusia terluka, cacat, hingga meninggal diatur dalam hukum Qishash yang diselenggarakan Negara melalui Pengadilan.

Cacat karena penganiaya baik karena direncanakan, disengaja, dan kelalaian yang menyebahkan terluka, cacat, dan meninggal dunia mendapat hukuman yang serupa dengan kejahatan yang dilakukan. Pembunuhan merupakan salah satu dosa besar, pelakunya tidak mendapatkan rahmat Allah SWT. Kecuali pelaku bertobat dan Allah berkehendak lain.

Hukum dari pengadilan bersifat tetap dan memaksa eksekusi hukuman. Apabila dimaafkan oleh pihak keluarga, ahli keluarga dan ahli waris, Negara melalui Pengadilan mewajibkan pembayaran diyat dari pelaku, berupa ganti darah dengan harta benda yang sangat bernilai tinggi.

Satu nyawa manusia bernilai tinggi senilai 100 ekor Unta.
100 Unta senilai 1.000 Dinar (1000 x 4,25 gram Emas = 4.250 gram Emas).
1000 Dinar senilai dengan 12.000 Dirham Perak.

Bila pelaku tidak bisa membayar, keluarganya ikut membantu, bila tidak terbayar, negara ikut membantu.

Demikian tinggi nilai nyawa satu manusia pada pandangan Maha Khaaliq, yang Maha Pencipta dan Maha Penyayang pada manusia makhluknya ciptaanya, demikian tercantum dalam Al Quran dan diterangkan dalam Al Hadist.


Qishash Cegah Maraknya Pembunuhan

No comments: