Saturday, November 16, 2013

Hercules Maritim Tahan Lingkungan Korosif

بسم الله الرحمن الرحيم


Siapa yang tidak tahu pesawat transport Hercules ?

Pesawat transport yang dengan 4 propeller penggerak merupakan pesawat transport utama untuk militer di manca negara. Pesawat Lockheed C-130 Hercules dengan kemampuan multi fungsi sudah melegenda sebagai pesawat yang tangguh dalam berbagai kondisi.

Kemampuan Fungsional :

  • transport logistik
  • transport pergerakan pasukan tentara
  • tanker udara
  • radar AWACS

C-130 Hercules TNI AU
C-130T NAVY Marine Corps, Fat Albert melintas Jembatan Golden Gate 



Lockheed C-130 Hercules
en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_C-130_Hercules


Bagaimana dengan Lockheed P-2 Neptune ?

Perusahaan Lockheed telah memproduksi dari 17 Mei 1945, pesawat ini digunakan untuk patroli maritim dan anti kapal selam. Pesawat berbasis pada landasan daratan dan kapal induk. Pesawat ini telah pensiun dari dinas militer sejak 1984. Pesawat ini telah terlibat dalam bermacam pertempuran di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


Lockheed P-2 Neptune
en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_P-2_Neptune


Operasi dan perawatan di laut dengan air asin bersifat korosif terhadap peralatan logam. Chroming bertahap dan pengecatan bertahap menjadi salah satu cara mengurangi sifat korosif air laut. 

Air laut walau korosif dapat digunakan untuk bersuci, berwudlu karena bening, tak berbau dan suci, seperti memakan daging ikan yang lezat tetap segar walau hidup di air asin.

Perlu perhatian dan penelitian pada bahan material tahan terhadap korosi air laut dan oksidasi. Bahan Titanium Ti dengan nomor atom 22 merupakan bahan yang tahan terhadap air laut dan klorin. Bahan ini dapat digunakan untuk pembuatan airframe pesawat dan kapal cepat. Metoda superplastically formed titanium components merupakan teknologi tahun 1980-an. Komposit Titanium dapat tahan terhadap panas yang bersuhu tinggi. Panel Titanium digunakan untuk nozzle exhaust Turbin dari pesawat jet  F-15 Eagle.

Titanium
id.wikipedia.org/wiki/Titanium

Titanum berupa pasir besi Titanium tersebar di pesisir selatan Pulau Jawa.

   
Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B.

No comments: