Tuesday, July 29, 2008

VW Golf All-Electric (Versi listrik)


Volkswagen (VW) baru-baru ini memperkenalkan VW Golf versi listrik (all-electric). Varian ini ternyata bukan untuk diproduksi, namun hanya sebagai proyek percontohan.

Kendati begitu VW mengakui bahwa dengan adanya model ini, pabrikan asal Jerman ini telah menentukan sebuah langkah penting untuk memproduksi mobil masa depan berbahan bakar alternatif, yaitu menggunakan listrik.

Perkenalan VW Golf listrik ini dilakukan oleh CEO VW Martin Winterkorn dan Menteri Lingkungan Hidup Jerman Sigmar Gabriel.

VW Golf listrik ini menggunakan sistem pembakaran internal yang kecil agar menjaga baterai tetap terisi dan teknologi ini menggunakan prinsip yang sama dengan eFlex system milik General Motors.

Akan tetapi VW menyebutnya teknologi Twin Drive. Dengan kekuatan listrik mobil ini tahan melaju sampai jarak 50 km.

Pengemudi dapat memonitor penggunaan bahan bakar dari layar infotainment yang ada di dashboard mobil. Sebuah sinyal lampu merah yang berada di tengah akan memberi peringatan kepada pengemudi apabila baterai hampir habis dan harus diisi kembali. Baterai ion lithium terletak di bagian bawah mobil.

Keberadaan mobil ini adalah sebuah bagian penting dari proyek besar yang dicanangkan oleh pemerintah Jerman dalam rangka penggunaan bahan bakar alternatif dan juga menjadi tujuan dari kampanye jangka panjang terhadap program nol emisi yang sangat ramah lingkungan.

sumber: waspada.co.id inilah.com

No comments: