Thursday, November 28, 2013

Hercules Terbang Dengan Sayap Carbon

بسم الله الرحمن الرحيم


Kemampuan terbang seperti elang telah ada sejak zaman pewayangan. Dalam cerita Mahabarata, Gatotkaca putra Bima lahir di Chandradimuka, sebagai Satrio Pringgodani dari Amarta yang mempunyai kemampuan terbang.

Imaginasi Terbang dalam Mahabarata, RA Kosasih

Pada abad ke-8, seorang Muslim Spanyol, Abbas Ibnu Firnas, telah menemukan, membangun, dan menguji konsep pesawat terbang. Konsep pesawat terbang Ibnu Firnas inilah yang kemudian menjadi teori-teori dasar pesawat terbang.

Abbas Ibnu Firnas di Al Andalus

Kini dengan meningkatnya teknologi material dan mesin dirgantara, manusia dapat menggunakan sayap dan teknologi turbin jet model radio control untuk terbang seperti elang.

JETMAN

Jetcat Turbine, RC Blackbird, dan Perangkat Sayap Serat Karbon dengan 4 Turbin

JETMAN

JetCat USA Turbines


Teknik penerjunan HALO (High Altitude Low Opening) merupakan metoda penyusupan menghindari radar dan artileri darat rudal yang dapat mengunci target SAM (Surface to Air Misile) dan membahayakan pesawat transport. Biasanya penerjunan HALO atau HAHO (High Altitude High Opening) pada ketinggian  antara 4.600 m (15.000 feet) dan 11.000 m (35.000 feet).


Teknik penerjunan HAHO dan HALO

HALO Jump Master

Teknik HALO sangat berbahaya dan membutuhkan latihan fisik bertahap, kekuatan fisik penerjun, teknik penerjunan yang cermat dan dan peralatan yang tangguh dan akurat. Kesalahan kecil dan lalai waktu pembukaan parasut akan menyebabkan penerjun jatuh bebas. Teknik yang kurang tepat, parasut dapat membelit leher penerjun. Teknik penerjunan yang berbahaya bagi penerjun strategis.


Perangkat pelengkap HALO dan HALO Jump Master

Penggunaan wing, keselamatan dengan parasut, parasut cadangan dan 4 mini turbin merupakan langkah berlapis yang mengurangi beban tekanan penerjun dan instruktur. Perangkat ini dapat dikendalikan oleh ergonomis tubuh mencapai sasaran yang dituju.



Namun memerlukan waktu produksi massal peralatan turbin mini RC dengan harga relatif murah. Nyawa seorang tentara yang melalui seleksi bertahap, pelatihan bertahap dan anggaran yang terjaga jauh lebih berharga dibandingkan perangkat 4 buah turbin dengan sayap serat karbon. Menjadi bagian alternatif dari teknik HALO yang tinggi resikonya.

Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B

Saturday, November 16, 2013

Hercules Maritim Tahan Lingkungan Korosif

بسم الله الرحمن الرحيم


Siapa yang tidak tahu pesawat transport Hercules ?

Pesawat transport yang dengan 4 propeller penggerak merupakan pesawat transport utama untuk militer di manca negara. Pesawat Lockheed C-130 Hercules dengan kemampuan multi fungsi sudah melegenda sebagai pesawat yang tangguh dalam berbagai kondisi.

Kemampuan Fungsional :

  • transport logistik
  • transport pergerakan pasukan tentara
  • tanker udara
  • radar AWACS

C-130 Hercules TNI AU
C-130T NAVY Marine Corps, Fat Albert melintas Jembatan Golden Gate 



Lockheed C-130 Hercules
en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_C-130_Hercules


Bagaimana dengan Lockheed P-2 Neptune ?

Perusahaan Lockheed telah memproduksi dari 17 Mei 1945, pesawat ini digunakan untuk patroli maritim dan anti kapal selam. Pesawat berbasis pada landasan daratan dan kapal induk. Pesawat ini telah pensiun dari dinas militer sejak 1984. Pesawat ini telah terlibat dalam bermacam pertempuran di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.


Lockheed P-2 Neptune
en.wikipedia.org/wiki/Lockheed_P-2_Neptune


Operasi dan perawatan di laut dengan air asin bersifat korosif terhadap peralatan logam. Chroming bertahap dan pengecatan bertahap menjadi salah satu cara mengurangi sifat korosif air laut. 

Air laut walau korosif dapat digunakan untuk bersuci, berwudlu karena bening, tak berbau dan suci, seperti memakan daging ikan yang lezat tetap segar walau hidup di air asin.

Perlu perhatian dan penelitian pada bahan material tahan terhadap korosi air laut dan oksidasi. Bahan Titanium Ti dengan nomor atom 22 merupakan bahan yang tahan terhadap air laut dan klorin. Bahan ini dapat digunakan untuk pembuatan airframe pesawat dan kapal cepat. Metoda superplastically formed titanium components merupakan teknologi tahun 1980-an. Komposit Titanium dapat tahan terhadap panas yang bersuhu tinggi. Panel Titanium digunakan untuk nozzle exhaust Turbin dari pesawat jet  F-15 Eagle.

Titanium
id.wikipedia.org/wiki/Titanium

Titanum berupa pasir besi Titanium tersebar di pesisir selatan Pulau Jawa.

   
Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B.

Tuesday, November 05, 2013

Helikopter Kencang Propeller Ganda Tanpa Hambatan Tail Boom

بسم الله الرحمن الرحيم

  
Helikopter merupakan alat transportasi yang menakjubkan, kemampuannya hovering, tetap diam statis dalam pergerakan dinamis menjadi kelebihannya. Selain itu menjadi alat transportasi jarak dekat-menengah, pengangkutan barang, evakuasi medis, dan ambulan udara. Kini telah ada helikopter eksperimental Eurocopter X3 dengan kecepatan tinggi melebihi kecepatan suara, 255 Knot udara (472 km/jam).

Model Eurocopter X3 merupakan perpaduan  model helikopter pendahulunya Fairey Rotodyne dan kehandalan Eurocopter EC 155. Fairey Rotodyne pada tahun 1959 telah mempunyai kecepatan 175 knot udara (324 km/jam). Didukung dengan kehandalan dan kesuksesan pemasaran Eurocopter EC 155 dari keluarga AS365 N3 Dauphin (Dolphin).

3 helikopter kencang dibawah tidak memiliki tail boom sebagai stabilizer menjaga dari puntiran mesin rotor utama helikopter. Tail boom menjadi salah satu bagian dari penghambatan udara. Sayap belakang dibuntut helikopter dirancang membantu kestabilan dan aerodinamis kecepatan helikopter.

Kembali ke sejarah perkembangan Fairey Rotodyne:

Fairey Ultra Light


http://en.wikipedia.org/wiki/Fairey_Ultra-light_Helicopter
Rebuild dan rekondisi Ultra light low-cost helikopter dengan dua kursi  kru dari parkiran landasan.

Fairey Rotodyne




Helikopter ukuran besar dengan perangkat AEI Analog, komputer analog dengan 2 mesin penggerak utama, twin engines.

Eurocopter X3




http://en.wikipedia.org/wiki/Eurocopter_X3
Helikopter dengan teknologi padat modal, perangkat sensor terbaru, terkomputerisasi canggih, 2 mesin penggerak utama, twin engines.

Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B.

Sunday, November 03, 2013

Nilai Nyawa Seorang Manusia berdasarkan Wahyu Maha Pencipta الخالق

بسم الله الرحمن الرحيم



Pembunuhan manusia semakin marak dalam berita. Bila kita baca Pos Kota, Berita Jakarta dan Jabotabek hampir tiap hari terjadi berita pembunuhan. Berita terakhir yang sangat memprihatinkan :


REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebanyak 1.550 penerbangan dengan sebanyak 167.050 penumpang terpengaruh oleh penembakan di Bandar Udara Internasional Los Angeles (LAX) pada Jumat (1/11), kata wanita juru bicara LAX, Sabtu (2/11).

Nancy Suey Castles, Juru Bicara tersebut, memberitahu media dari semua penerbangan itu, 724 dijadwalkan tiba dengan sebanyak 67.850 penumpang sementara 826 adalah keberangkatan dengan sebanyak 99.200 penumpang. Terlebih lagi, 86 penerbangan yang dijadwalkan tiba di LAX dialihkan ke bandar udara lain. 
Paul Anthony Ciancia, pria kulit putih yang berumur 23 tahun, berjalan memasuki Terminal 3 LAX, Jumat, sekitar pukul 09.20 waktu setempat (Sabtu, pukul 23.20 WIB), mengeluarkan senapan serang, yang diduga adalah AR-15, dan mulai menembak.

Penembakan di Bandara LAX Pengaruhi Ribuan Penerbangan

[http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/11/03/mvo1gw-penembakan-di-bandara-lax-pengaruhi-ribuan-penerbangan ]


Demikian pula di tanah air, siswa sekolah SMU mengendarai mobil dengan emosi hingga menyebabkan puluhan siswa terluka ringan dan  menyebabkan seorang siswa kecelakaan dengan kondisi kritis, dalam perawatan intensif di rumah sakit.


Sidoarjo (beritajatim.com) - Aparat kepolisian belum menangkap penabrak puluhan siswa SMA Hang Tuah 2 Sawotratap Gedangan, Sidoarjo. Pihak kepolisian akan menangkap setelah pemeriksaan saksi-saksi selesai.

Demikian diungkapkan oleh Kapolsek Gedangan Kompol Kamran kepada beritajatim.com, Sabtu (2/11/2013). Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Baik itu dari saksi siswa yang ditabrak kala sedang asyik istirahat, guru yang sempat ditabrak maupun saksi korban.

"Laporan sudah kami tindaklanjuti dengan memeriksa saksi-saksi di lapangan. Baik itu siswa yang sempat tertabrak, maupun guru yang mengetahui kejadian itu," kata Kompol Kamran.

Diberitakan sebelumnya, Anggara yang saat itu akan mengantar makanan kepada Natasha, ditegur oleh petugas keamanan sekolah, karena melalui pintu belakang sekolah, Jumat (1/11/2013). Anggara yang menaiki Honda Jazz nopol L 177 AY, terlihat emosi dan memundurkan mobilnya untuk putar balik, hingga tak terkendali dan menabrak siswa-siswa yang sedang istirahat.

Setelahnya, Anggara melajukan mobilnya maju ke depan dengan kecepatan tinggi dan menabrak seorang dan Alif Kurnia Safitri Kelas X SMA Hang Tuah 2 Gedangan, yang kini tergolek di rumah sakit. Dari rekaman CCTV, mobil yang melarikan diri itu sempat dikejar para siswa, namun tidak terhentikan.
 [isa/but]

Penabrak Puluhan Siswa Hang Tuah Belum Ditangkap



Dalam Islam segala tindak melampaui batas yang menyebabkan seorang manusia terluka, cacat, hingga meninggal diatur dalam hukum Qishash yang diselenggarakan Negara melalui Pengadilan.

Cacat karena penganiaya baik karena direncanakan, disengaja, dan kelalaian yang menyebahkan terluka, cacat, dan meninggal dunia mendapat hukuman yang serupa dengan kejahatan yang dilakukan. Pembunuhan merupakan salah satu dosa besar, pelakunya tidak mendapatkan rahmat Allah SWT. Kecuali pelaku bertobat dan Allah berkehendak lain.

Hukum dari pengadilan bersifat tetap dan memaksa eksekusi hukuman. Apabila dimaafkan oleh pihak keluarga, ahli keluarga dan ahli waris, Negara melalui Pengadilan mewajibkan pembayaran diyat dari pelaku, berupa ganti darah dengan harta benda yang sangat bernilai tinggi.

Satu nyawa manusia bernilai tinggi senilai 100 ekor Unta.
100 Unta senilai 1.000 Dinar (1000 x 4,25 gram Emas = 4.250 gram Emas).
1000 Dinar senilai dengan 12.000 Dirham Perak.

Bila pelaku tidak bisa membayar, keluarganya ikut membantu, bila tidak terbayar, negara ikut membantu.

Demikian tinggi nilai nyawa satu manusia pada pandangan Maha Khaaliq, yang Maha Pencipta dan Maha Penyayang pada manusia makhluknya ciptaanya, demikian tercantum dalam Al Quran dan diterangkan dalam Al Hadist.


Qishash Cegah Maraknya Pembunuhan

Saturday, November 02, 2013

Single Engine dan Twin Engine Helikopter


بسم الله الرحمن الرحيم



Helikopter adalah alat transportasi udara yang disukai karena kelebihannya dapat terbang dan mendarat tegak lurus, VTOL (Vertical Take Off and Landing) sehingga tidak memerlukan tempat landing, mendarat yang luas. Dapat mendarat di perkotaan, pedesaan, dekat sungai, dekat pantai dengan persyaratan mudah untuk mendarat di suatu ladang yang datar.

Kini sudah ada alat pengangkut terbang tegak  lurus VTOL, V-22 Osprey kombinasi pesawat sayap terbang tetap (Fix Wing) dengan rotor (Rotary Wing). Pesawat ini menelan biaya yang besar untuk riset dan menelan banyak korban jiwa dalam masa percobaan. Militer Amerika Serikat telah menggunakan pesawat maju ini antara lain; US Mariner Corps dan US Air Force.  Ketika digunakan, pesawat dengan kemajuan teknologi ini tidak diimbangi keselamatan jiwa penumpang dan pilot. Beberapa kali terjadi kecelakan yang merenggut jiwa tentara yang sedang bertugas.

V-22 Osprey
http://en.wikipedia.org/wiki/Bell_Boeing_V-22_Osprey ]

Accidents and incidents involving the V-22 Osprey
http://en.wikipedia.org/wiki/Accidents_and_incidents_involving_the_V-22_Osprey ]

Kembali ke helikopter sebagai transportasi udara, bahan bakar yang cukup, rencana penerbangan (Flight Plan), perawatan yang teratur, inspeksi peralatan Avionic, Electiric dan Instrument (AEI) sebagai pendukung navigasi dan kontrol, tidak kurang pentingnya dengan perawatan mesin rotor sebagai penggerak utama. "Di udara tidak ada halte/shelter" bila terjadi kerusakan di udara karena mesin, kontrol dan navigasi dan gangguan cuaca yang tidak diprediksi. Alternatif mendarat darurat menjadi perhatian dalam keselamatan penerbangan.

Kegagalan atau kerusakan mesin rotor penggerak sangat tidak diharapkan. Persiapan dan pengamatan kondisi mesin, instrumentasi saat statis di darat, berdasarkan chek list dan recheck dan opsi tambahan recheck kembali, menjaga kelaikan dan keselamatan penerbangan. Ketika terbang dinamik, banyak faktor dan vektor gaya eksternal terhadap helikopter. Tiupan angin lokal, gelombang angin pegunungan, pola angin regional, radiasi matahari menyengat, kondisi udara lokal, hujan tropis, gravitasi bumi, pengaruh elektromagnetik bumi, merupakan pengaruh eksternal vektor dengan peubah banyak, multy variable vector.

Helikopter EC120 Colibri merupakan salah satu helikopter ringan yang banyak digunakan pengguna sipil dan militer. Helikopter ini memiliki single engine, berbasis mesin tunggal. Helikopter yang lincah dan relatif senyap dari kebisingan dikelasnya.
http://en.wikipedia.org/wiki/Eurocopter_EC120_Colibri ]



Colibri diambil dari nama Burung Colibri dikenal dengan Humming Bird. Burung kecil yang lincah dalam bermanuver hovering (terbang statis dengan penggerak dinamik).



Alternatif  Helikopter yang lebih aman untuk keselamatan penerbangan helicopter Eurocopter EC135 dan EC 145. Helikopter dengan twin engine, bermesin kembar. Penggerak utama memiliki penggerak cadangan yang siap menggantikan rotor bila terjadi kerusakan mesin yang tidak dikehendaki.

Eurocopter EC135
http://en.wikipedia.org/wiki/Eurocopter_EC135 ]



Eurocopter EC 145
http://en.wikipedia.org/wiki/Eurocopter_EC145 ]



Namun penambahan mesin menambah biaya operasi dan perawatan. Pertimbangan keselamatan penerbangan menjadi ujian. Berdoa sebelum dan selama penerbangan menjadi bagian penting, agar aman dan dilindungi Allah SWT dalam berbagai kondisi alam.

Measuring Safety in Single and Twin Engine Helicopters
http://flightsafety.org/fsd/fsd_aug91.pdf ]
http://www.eurocopter.com/site/docs_wsw/medias/LawEnforcement.pdf ]

Semoga bermanfaat.
Wallahu Alam B.